Pola Hidup Sehat

Akhir-akhir ini, aku tergila-gila untuk menerapkan pola hidup sehat. Aku merasakan manfaat dari kebiasaan baruku ini makanya aku jadi ketagihan (hehe).
  1. Minum perasan air lemon setiap pagi
    Sudah menjadi kebiasaan selama 6 bulan terakhir, menjelang malam, aku mengiris lemon dan memerasnya ke dalam segelas air minum. Keesokan paginya setelah bangun, aku meminum air lemon tersebut.

    Khasiat yang kurasakan:
    • Pada minggu-minggu pertama, aku merasa tubuhku agak berbeda. Aku merasa lebih sehat dan segar. Segarnya dari dalam, bukan karena cuaca. Kalau sekarang, mungkin karena sudah 6 bulan, aku merasa biasa saja.
    • Dulu, aku paling sering mengeluh sakit entah itu kurang darah, tidak enak badan, lelah, kurang bergairah, dll. Tapi selama 6 bulan terakhir, seingatku aku tidak pernah mengeluh sakit apapun selain malas (ups).
    • Penyakit maag tidak pernah lagi kambuh. Serius. Biasanya kalau telat sedikit saja dari jadwal makan, biasanya maagku sering kambuh dan menyakitkan.
  2. Rutin olahraga
    Beberapa tahun yang lalu, aku selalu rutin berenang 2 kali seminggu. Sejak aku kembali ke bangku kuliah di tahun 2015, aku tidak sempat lagi berenang. Kemudian ketika aku meninggalkan pekerjaanku dan fokus kuliah, aku jogging atau lari 3 kali seminggu. Nah sebulan terakhir, aku mulai belajar yoga. Aku selalu membiasakan diri paling tidak 2 kali seminggu harus berolahraga, maka demikian pula dengan yoga.

    Walaupun masih sangat pemula dalam yoga namun aku merasakan perubahan pada tubuhku seperti:
    • Selama 10 tahun bekerja di depan komputer, aku memang merasa punggungku sedikit membungkuk. Sejak yoga (walaupun masih bisa dihitung jari), aku merasa punggungku mulai melurus. Kalau lagi duduk dan aku mencoba bungkuk, rasanya tidak enak. Jadi, mau tidak mau aku aku harus duduk dengan punggung yang lurus.
    • Ketika aku berdiri pun punggung jadi lurus juga. Efek dari berdiri dengan punggung lurus, aku merasa auraku semakin keluar. Aku sendiri merasa aku semakin percaya diri.
    • Perut mulai mengecil. Mungkin memang tidak signifikan, yah aku juga kan baru mulai, namun aku yakin kalau aku rutin, perutku pasti bisa jadi agak-agak seksi gitu (haha).
  3. Tidak makan sembarangan
    • Aku mulai membiasakan diri untuk makan buah di pagi hari dan berhenti makan setelah jam 8 malam. 
    • Entah karena pengaruh yoga atau aku yang memang niat sekali ingin hidup sehat, ketika ada makanan yang terbersit di kepala, aku pasti berpikir seribu kali dulu apakah benar aku ingin makanan tersebut. Ketika pada akhirnya aku memutuskan tidak - dan biasanya jawabannya selalu TIDAK - aku langsung pergi menjauh. 
    • Aku tidak pernah lagi tertarik makan di sembarang tempat apalagi di pinggir jalan. Aku harus memastikan bahwa tempat makanannya bersih. Jujur, walaupun lapar sekali, aku tidak pernah ingin makan di tempat yang kelihatannya kotor.
    • Aku sudah jarang sekali tertarik makan gorengan.
Banyak sekali orang yang selalu ingin hidup sehat, namun tidak pernah jadi. Mungkin karena niatnya kurang besar ditambah dia belum menemukan alasan yang kuat kenapa dia harus melakukannya.

Beberapa tahun yang lalu, ketika aku memutuskan akan melakukan perjalanan keliling Indonesia, aku benar-benar serius rutin berolahraga supaya stamina dan fisik dalam kondisi yang bagus. Selama 6 bulan tersebut aku tidak pernah mengalami jenis sakit apapun. Ya ya, aku ingat sekarang aku tidak pernah sakit selama itu, entah itu demam atau flu sama sekali tidak pernah. Terima kasih ya Tuhan Allah, selama di kampung orang aku tidak pernah berurusan dengan obat-obatan bahkan dokter.

Aku harus tetap konsisten menjaga pola hidup sehat. Suatu hari nanti aku mau mencoba naik gunung yang tentunya kondisi stamina harus prima.

Comments

Popular posts from this blog

[Bahasa Italia] Apa Kabar?

[Bahasa Italia] Ucapan Salam

[Bahasa Italia] Kata Sifat