#5. Belajar Bahasa Italia - done

Semester ini (semester ini berakhir hari ini dan ini adalah semester terakhirku, yang artinya aku sudah lulus sebagai mahasiswa, yey...) aku ambil mata kuliah lintas fakultas. Setelah 13 tahun belajar bahasa komputer, sekarang belajar bahasa manusia dulu. Aku ambil mata kuliah Bahasa Italia di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya dan nilai akhirnya sudah keluar.

Aku senang sekali dapat nilai segitu. Aku merasa bangga dengan diriku. Walaupun umurku sedikit lebih banyak dibandingkan teman-teman sekelasku, tapi aku bisa mengikuti proses perkuliahan dengan baik malahan nilaiku bisa dibilang jauh di atas nilai mereka. Pada akhirnya aku membuktikan bahwa umur tidak menjadi kendala untuk terus belajar. Walaupun otak ini sudah mulai menua dan telah dipakai selama beberapa dekade, tapi ternyata masih bisa digunakan untuk belajar hal-hal baru.

Belajar bahasa Italia cukup menyenangkan. Kebetulan dosenku orang Italia asli, jadi selama satu semester bisa dengar langsung aksen bicara orang Italia. Dosenku sering kesal (dan pada akhirnya menyerah) karena ada beberapa teman yang tidak bisa mengikuti cara pelafalan orang Italia seperti yang sudah diajarkan.

Selama belajar bahasa Italia, aku sering mencoba-coba berbicara sendiri dengan menggunakan aksen orang Italia. Kalau ada yang melihat, mereka mungkin berpikir aku sudah gila. Tetapi menurutku kalau kita belajar bahasa asing, kita juga harus mempelajari aksennya (yah.. memang pasti tidak akan sama persis seperti orang aslinya) karena justru disitulah seni dan sensasi belajar bahasa asing.

Mumpung masih ingat, aku ingin berbagi apa yang sudah aku pelajari di kelas Bahasa Italia.

Negara Italia
bahasa Inggris: Italy
bahasa Italia: Italia

Orang/bahasa Italia
bahasa Inggris: Italian
bahasa Italia: Italiano

Sono indonesiana e studio la lingua italiano.
(Saya orang Indonesia dan saya belajar bahasa Italia)

Comments

Popular posts from this blog

[Bahasa Italia] Apa Kabar?

[Bahasa Italia] Ucapan Salam

[Bahasa Italia] Kata Sifat