Resolusi 2015

Depok, 5 Januari 2015

Tidak berasa kita sudah memasuki hari ke-5 di tahun yang baru ini. Sebenarnya aku tidak ingin membuat resolusi di tahun ini, tapi kemarin kotbah yang aku dengar di gereja membuatku berubah pikiran. Aku ingin membuat resolusi di tahun ini, mumpung ini masih awal Januari.

Tahun ini aku tidak ingin membuat daftar ingin ke tempat ini atau ke tempat itu. Kalau memang ada kesempatan bepergian, aku akan sangat bersyukur. Tahun ini aku juga tidak ingin membuat daftar ingin melakukan ini dan itu. Resolusiku tahun ini lebih kepada pengembangan diri. Ada 3 hal yang menjadi poin utama resolusiku.

Pertama, tidak boleh lengah. Banyak hal buruk yang telah terjadi di tahun-tahun sebelumnya. Sekarang aku menyadari bahwa hal-hal tersebut bisa kualami karena aku lengah dan terlena dengan suasana. Tahun lalu aku menjadi korban politik di kantor dan harus kehilangan pekerjaan. Dua tahun yang lalu juga aku difitnah orang lokal di Flores karena aku terlena berpikir semua orang Flores baik-baik dan ternyata aku salah. Aku tidak boleh lengah lagi, baik itu dari segi spiritual maupun psikis. Aku harus terus melatih intuisiku. Aku harus tetap waspada dalam segala keadaan.

Kedua, menekuni apa yang aku kerjakan. Aku harus setia dengan apa yang aku percayai. Aku ingin lebih melatih diriku untuk lebih tekun dengan apa yang aku kerjakan sampai menghasilkan sesuatu. Saat ini, aku ingin menekuni kuliahku yang tinggal 1 semester lagi. Aku ingin memperbaiki cara belajarku. Aku ingin maksimal di semester terakhir ini.

Ketiga, tetap tenang. Hanya dalam keadaan tenang lah, kita bisa berpikir, kita bisa berdoa, dan pada akhirnya kita bisa bertindak. Aku tidak boleh takut menghadapi apapun terutama kalau aku merasa benar. Kejadian apa pun itu, kalau dihadapi dengan tenang pasti ada jalan keluarnya. Justru kalau kita tidak tenang, kita tidak dapat berpikir apa yang akan kita lakukan.

Selamat datang 2015. Semoga hal-hal yang baik yang terjadi di tahun ini, hal-hal yang membuat hidup lebih bermakna.


Comments

Popular posts from this blog

[Bahasa Italia] Apa Kabar?

[Bahasa Italia] Ucapan Salam

[Bahasa Italia] Kata Sifat