Kulit Eksotis

Dulu kulitku tidak segelap sekarang ini. Benar. Dulu kulitku itu berwarna cerah, walaupun tidak bisa dikatakan putih juga. Bisa dibilang warnanya kuning langsat.

Sejak aku jatuh cinta sama pantai dan ketagihan main di pantai, akhirnya kulitku benar-benar tidak bisa diselamatkan lagi. Jadilah kulitku yang sekarang berwarna sawo matang.

Beberapa tahun yang lalu, di sebuah tempat makan di pinggir jalan, aku pernah melihat dua cewek yang memiliki kulit gelap hasil dibakar oleh sinar matahari atau bahasa kerennya tanned skin. Mereka terlihat seksi, menarik, eksotis dengan kulit gelap mereka itu. Nah, itulah mungkin awalnya aku jadi berkeinginan menghitamkan kulit ke pantai dan akhirnya berhasil mendapatkan kulit gelap seperti mereka.

Suatu hari di toko buku, ketika aku sedang melihat-lihat koleksi buku, seorang temanku dari jauh merasa penasaran. Menurutnya, kalau dari segi fisik, dia yakin sekali itu aku, namun ketika dia mulai mendekatiku dia jadi ragu-ragu karena yang dia ingat kulitku tidak gelap. Kemudian dia memanggil namaku ragu-ragu karena takut salah orang. Kan malu, sok kenal sama orang orang yang tidak dikenal. (haha)

Ketika aku menoleh, akhirnya dia yakin bahwa sosok itu adalah diriku. Hal pertama yang dikatakannya adalah keheranannya terhadap warna kulitku. Dia ingat sekali kalau kulitku itu bukan coklat gelap. Kok sekarang bisa berubah. Aku hanya tertawa melihat kerut di keningnya.

Ada wanita-wanita yang terlihat sangat menarik dengan kulit coklat mereka seperti Shafira Umm dan Farah Quinn. Kalau melihat mereka di TV, mataku seringkali tidak berkedip memandangi mereka. Mereka terlihat cantik dan eksotis.

Kalau berbicara tentang warna kulit, kita akan berbicara tentang selera. Sebagian orang lebih mengagumi kulit putih cerah. Sebagian lagi mengagumi kulit coklat gelap. Namun demikian, bagaimana pun cantik itu absolut. Ah, tapi kecantikan pun bisa jadi juga soal selera.

Beberapa waktu yang lalu, di sebuah salon, aku mendengar komentar salah satu pengunjung 'Farah Quinn ternyata jelek banget ya. Kulitnya hitam banget.'

Lalu beberapa tahun yang lalu ketika miss universe yang terpilih memiliki kulit coklat sangat gelap, seorang mantan teman kerjaku mengatakan 'Miss universe sekarang jelek banget ya. Hitam banget.'

Apa hubungannya warna kulit dengan kecantikan? Cantik itu adalah aura. Warna kulit itu fisik. Ya ya, kalau kulit tidak terawat memang akan terlihat tidak cantik. Tapi tetaplah menurutku, cantik itu aura. Farah Quinn terlihat seksi. Miss universe itu juga sangat cantik apalagi kalau tersenyum.

Comments

Popular posts from this blog

[Bahasa Italia] Apa Kabar?

[Bahasa Italia] Ucapan Salam

[Bahasa Italia] Kata Sifat