Asisten Dosen

Hari ini aku nyaris lupa menulis gara-gara aku harus menyelesaikan salah tugasku sebagai asisten dosen yaitu membuat soal. Sebenarnya batas pengumpulannya kemarin, tapi koordinatornya cukup baik memberikanku kelonggaran waktu.

Jadi asisten dosen itu menyenangkan, kita jadi terkenal. Haha.... Walaupun sebenarnya aku tidak tahu apa manfaatnya kalau terkenal di kalangan mahasiswa. Jujur aku tidak merasakan efek yang signifikan kalau dibilang terkenal walaupun memang pada kenyataannya jadi asisten dosen itu membuat terkenal.

Yang aku suka dari profesiku sebagai asisten dosen adalah kita bisa membantu orang lain. Apalagi kalau mahasiswa tersebut bisa lulus mata kuliah tersebut, ada perasaan senang di dalam hati. Kebetulan aku jadi asisten dosen untuk mata kuliah yang jadi momok bagi sebagian besar mahasiswa yaitu Struktur Data dan Algoritma. Pesertanya di semester ini sebagian besar adalah mahasiswa yang remedial. Ada yang mengulang 1 kali, 2 kali, bahkan ada yang sudah 3 kali yang artinya dia sudah menjalani mata kuliah yang sama selama 4 semester. Di UI, kalau kita dapat nilai lebih kecil dari C, kita harus mengulang mata kuliah tersebut, tidak ada istilah remedial untuk memperbaiki nilai supaya bisa lulus, yang ada remedial selama 1 semester.

Pokoknya senanglah jadi asisten dosen karena menambah pengalaman supaya di kemudian hari bisa menjadi pengajar yang baik.

Comments

Popular posts from this blog

[Bahasa Italia] Apa Kabar?

[Bahasa Italia] Ucapan Salam

[Bahasa Italia] Kata Sifat