#4. Makin fasih bahasa Inggris - done

Aku sudah belajar bahasa Inggris dari umur 8 tahun. Ayahku sangat concern kepada kami, anak-anaknya untuk bisa menguasai bahasa Inggris, makanya ketika masih duduk di kelas 4 SD, kami sudah dimasukkan ikut kursus bahasa Inggris. Ketika aku SMU, aku ikut program Practise English di Tuktuk, Pulau Samosir. Kami dihimbau untuk berani mengajak berbicara wisatawan asing yang kami temui (disinilah terbersit sekilas keinginan untuk melanglang buana keliling dunia). Ketika aku kuliah, aku sangat beruntung memiliki guru bahasa Inggris yang asli orang Inggris.

Belasan tahun belajar bahasa Inggris, tetap saja tidak membuatku mahir berbicara bahasa Inggris karena aku memang jarang berkomunikasi menggunakan bahasa ini. Kalau dipikir-pikir, teman-temanku semuanya orang Indonesia dan lebih nyaman berkomunikasi dengan menggunakan bahasa nasional. Tapi mungkin karena doktrin ayahku yang mengatakan harus bisa berbahasa Inggris masih kuat berakar dalam diriku, aku tidak pernah berhenti belajar sendiri dari internet. Aku terus menambah kosakata dalam bahasa Inggris.


Ketika traveling aku ketemu banyak sekali wisatawan dari berbagai negara. Satu-satunya bahasa yang bisa membuat kami berkomunikasi hanyalah bahasa Inggris. Pada awalnya aku memang masih kaku ketika berbicara. Semakin sering menggunakannya, aku semakin lancar dan nyaman ketika ngobrol-ngobrol menggunakan bahasa Inggris. Bahkan aku jadi punya banyak teman karena bahasa Inggris.

Memang sih aku belum merasa puas dengan kemampuan bahasa Inggrisku saat ini. Makanya aku punya satu harapan bisa tinggal dalam jangka waktu yang lama di negara yang bahasa nasionalnya bahasa Inggris.

Comments

Popular posts from this blog

[Bahasa Italia] Apa Kabar?

[Bahasa Italia] Ucapan Salam

[Bahasa Italia] Kata Sifat