#26. Pesona Karimunjawa - done

Sudah lama sekali aku ingin ke Karimunjawa. Melihat foto-foto Karimunjawa di internet benar-benar bikin mupeng, belum lagi cerita teman-teman yang sudah pergi kesana. Aku pun memasukkan Karimunjawa ke daftar tempat yang harus aku datangi dalam rangkaian perjalanan keliling Indonesiaku.

Karimunjawa merupakan gugusan pulau-pulau. Ketika menulis posting ini, sebelumnya aku melihat foto-foto selama di Karimunjawa untuk flashback. Aku benar-benar kangen kesana lagi. Benar-benar 5 hari yang sangat menyenangkan disana.

Teman-teman dari Cirebon
Aku ikut trip ke pulau-pulau selama dua hari. Snorkeling, snorkeling. Walaupun tidak jadi diving, aku cukup puas hanya dengan snorkeling. Memang bukan terumbu karang terbaik, tapi cukuplah untuk sekedar snorkeling. Selama disana aku tidak melihat ikan atau binatang laut yang membuatku berdecak kagum. Aku hanya melihat ikan-ikan yang sudah sering aku lihat.

Ikan badut alias clown fishes alias Nemo
Di hari terakhirku, anak pemilik homestay membawaku keliling Pulau Karimunjawa. Kami pergi ke taman mangrove. Mungkin memang sudah tipikal sebagian besar orang Indonesia, yang penting kita sudah menginjakkan kaki di tempat tersebut, itu sudah cukup. Baru beberapa menit, dia sudah mengajakku untuk melanjutkan perjalanan keliling perkampungan. Tidak ada angkutan umum di Pulau Karimunjawa, jadi memang aku tidak punya pilihan lain selain ikut saja kemana dia ingin membawaku berkeliling.

Bersama Siska di hutan mangrove
Kapal dari Jepara ke Karimunjawa sekarang sudah banyak, sudah tiap hari. Mau yang murah ada, feri berangkat dari Jepara setiap hari Sabtu dan Senin.  Kembali ke Jepara di hari Minggu dan Selasa. Kalau mau yang cepat dan agak mahal, ada fastboat yang hampir tiap hari ada.

Well, I did Karimunjawa. Selama ini teman-teman bilang bagus bagus. Nah aku sudah kesana dan membuktikan memang benar bagus, walaupun bukan menjadi tempat favoritku.

Comments

Popular posts from this blog

[Bahasa Italia] Apa Kabar?

[Bahasa Italia] Ucapan Salam

[Bahasa Italia] Kata Sifat