#25. Liburan ke taman nasional - done

Senang rasanya bisa menikmati taman nasional. Pertama kali aku liburan ke taman nasional ketika gathering Indobackpacker ke Taman Nasional Gunung Halimun. Suasana hijau dimana-dimana membuat kita semakin dekat dengan alam. Dan ketika itu juga, di dalam hati, aku ingin mengunjungi lebih banyak lagi taman nasional yang ada di Indonesia.

Begitu banyak taman nasional di Indonesia, namun aku hanya menargetkan 10 untuk aku datangi sebelum umurku 30. Berikut taman nasional yang pernah aku kunjungi:

1. Gunung Halimun, Banten
Bersama dengan teman-teman backpacker, kami menempuh medan off-road untuk sampai ke desa dimana kami akan menginap malam itu. Disini kami cuma dua hari dan aku kurang puas menikmati taman nasional ini secara utuh. Kami lebih banyak menghabiskan waktu di curug alias air terjun. Oh ya malamnya, kami liat jamur bersinar. Walaupun waktunya terlalu singkat, namun aku cukup senang karena aku mendapat banyak teman baru.

Perkebunan teh di TN Halimun
2. Gunung Leuser, Sumatra Utara
Pertama kali aku menyukai hobi jalan, aku memutuskan untuk memulainya dengan berpetualang di tanah kelahiran sendiri yaitu Sumatra Utara. Salah satu tempat yang aku kunjungi adalah Bukit Lawang, tempat konservasi orang utan Sumatra. Senang sekali rasanya aku bisa lihat orang utan secara langsung, pertama kali dalam hidupku, yang mana selama ini hanya lihat di TV.

Orang utan Sumatra
3. Tanjung Puting, Kalimantan Tengah
Dalam rangkaian perjalanan keliling Indonesia edisi Borneo, Tanjung Puting masuk ke dalam daftar wajibku. Awalnya sih tidak. Tapi Jenny, teman sekamarku di Derawan bilang "MUST", makanya aku usahakan bisa sampai kesana. Empat hari yang sangat menyenangkan disana, tinggal bersama keluarga Dayak yang baik. Walaupun di hari pertama ada sedikit masalah karena aku tidak tahu bahwa aku harus beli tiket dulu di Kumai, tapi syukurlah aku bisa ke tiga tempat feedingnya dan lihat orang utan Borneo.

Orangutan di Camp Leakey, Tanjung Puting

4. Baluran, Jawa Timur
Dalam rangkaian keliling Indonesiaku, setelah Borneo dan istirahat di rumah temanku di Sidoarjo, aku pun membeli tiket kereta ke Banyuwangi karena aku ingin meneruskan perjalanan ke Bali. Tapi tiba-tiba, ada urusan keluarga yang tidak ingin aku lewatkan. Setelah melalui pemikiran yang matang, lebih murah jika aku stay di Banyuwangi lalu ke Jakarta, daripada aku meneruskan perjalanan ke Bali dan membeli tiket Denpasar - Jakarta yang bisa dibilang tidak murah. Dan kemudian, aku berada di Taman Nasional Baluran. Selama disana aku melihat sekumpulan rusa yang selama ini aku liat di video-video bersetting Afrika, juga merak hutan. Dan yang menyenangkannya, aku sempat menyelam gratis disini.

Savana Bekol, TN Baluran
5. Bali Barat
Sudah lama sekali aku ingin kesini. Dan lagi-lagi, Jenny bilang "MUST", makanya ketika di Gilimanuk, aku langsung pergi ke kantor taman nasional. Namun, semua impianku pupus karena sang pemandu menunjukkan kertas yang berisikan tarif untuk trekking. Lalu dengan semangat yang patah aku pergi ke Labuan Lalang karena aku tidak tahu apa yang ingin kulakukan kalau balik ke penginapanku di Gilimanuk. Ternyata keberuntungan sedang berpihak padaku. Dan keesokan harinya aku snorkeling di Pulau Menjangan. Ketika aku di Lovina, aku ikut diving trip ke Menjangan. I love Menjangan.

Many fishes and beautiful corals in Menjangan
6. Komodo, Nusa Tenggara Timur
Ini adalah impian yang terkubur di dalam pikiran selama 20 tahun dan akhirnya menjadi kenyataan. Aku ikut trekking di Pulau Rinca dan Pulau Komodo. Dan sudah pasti aku melihat komodo, binatang purba itu. Aku juga nyelam disini. Pokoknya seru pengalaman liburan disini.

Patung komodo di Pulau Komodo

7. Karimunjawa, Jawa Tengah
Selama ini hanya dengar-dengar kalau Karimunjawa adalah surga tersembunyi. Belum lagi foto-foto yang kulihat juga bagus-bagus. Akhirnya, niat yang sudah bulat pun membawaku kesini. Memang bukan tempat favoritku, tapi rasa penasaran itu sudah tidak ada lagi.

Snorkling di Karimunjawa
8. Kelimutu, Nusa Tenggara Timur
Melihat danau tiga warna juga adalah impianku sejak kecil. Dulu aku hanya melihatnya di uang kertas, sekarang aku sudah melihat langsung. Dua kali kesana dalam kurun waktu tiga bulan, aku pun berani berkata memang airnya berubah warna. Luar biasa.

Foto ama orang lokal

9. Kepulauan Seribu, DKI Jakarta
Aku baru tahu ternyata Kepulauan Seribu merupakan taman nasional. Aku sudah dua kali kesini. Pertama kali bersama teman-teman kuliah. Yang kedua, adalah ketika aku ingin mengambil sertifkat menyelam pertama kali.

Menyelam di pulau Sepa, kep. Seribu

10. Bromo Tengger, Jawa Timur
Ketika sedang menjalankan misi keliling Indonesia, ada sekolompok teman dari Jakarta yang ingin melakukan perjalanan ke Bromo. Kebetulan waktunya pas dan aku pun sedang menuju Jawa Timur, maka aku mengajukan diri untuk turut bergabung. Jujur, aku kurang puas karena kemarin itu kami cuma sebentar disini. Aku suka Bromo. Aku benar-benar berharap bisa kembali ke desa yang cantik ini.

Gunung Bromo

Popular posts from this blog

[Bahasa Italia] Apa Kabar?