30 hal yang ingin kulakukan sebelum umur 30

Setelah posting 'Welcome 27', aku mulai berpikir bahwa umur manusia akan terus bertambah, dan artinya aku pun bertambah tua. Di saat yang sama aku pun mulai berpikir bahwa aku ingin melakukan hal-hal yang akan membuat hidupku semakin bahagia.


Saat ini terlintas ide di kepalaku hal-hal yang ingin kulakukan sebelum aku menyandang gelar kepala 3. Berikut 30 hal yang ingin kulakukan sebelum aku berumur 30 tahun:
  1. Traveling keliling Indonesia atau Asia Tenggara dalam waktu yang cukup lama
  2. Ke NTT, melihat komodo, diving, melihat gunung Kelimutu
  3. Wisata rohani ke Israel
  4. Makin fasih bahasa Inggris
  5. Belajar bahasa Portugis atau Perancis (yang penting salah satu bahasa asing)
  6. Ke Brazil, pengen liat statue of Jesus dan pantai Copacabana
  7. Advance open water certified
  8. Dive minimal di 10 site berbeda
  9. Makin mahir surfing dan bisa menunggangi ombak besar
  10. Semakin banyak menulis pengalaman-pengalamanku selama melakukan perjalanan
  11. Long-term traveling bersama pasangan, a year maybe
  12. Memiliki ketenangan batin yang tinggi
  13. Memiliki pekerjaan yang benar-benar aku cintai
  14. Ingin tinggal di luar kota Jakarta
  15. Ke Tangkahan lagi, maunya sih minimal 1 minggu
  16. Bulan madu di Gili Trawangan karena pulau itu adalah 'cinta pertama' ku
  17. Di hari ulang tahunku, aku benar-benar pengen menikmati me-time in a full day, melakukan body treatment dari rambut hingga ujung kaki
  18. Menjadi sukarelawan dalam bidang pendidikan
  19. Bisa naik sepeda
  20. Bisa naik motor
  21. Bisa mengendarai mobil
  22. Punya SIM
  23. Bikin tato
  24. Belajar yoga
  25. Mengunjungi minimal 10 taman nasional yang ada di Indonesia
  26. Ke Karimunjawa
  27. Mencoba petualangan baru seperti caving, paralayang, dll
  28. Mendaki gunung
  29. Melanjutkan kuliah
  30. Menikah
Setelah membaca wishlistku di atas, mungkin ada yang bertanya-tanya kenapa aku tidak menulis 30 tempat yang ingin aku kunjungi, aku kan hobi jalan-jalan? Hmmm baiklah, seiring dengan berjalannya waktu aku mulai menyadari bahwa destinasi tempat bukan lagi tujuan utamaku dalam melakukan perjalanan, tapi pengalaman-pengalaman selama melakukan perjalanan tersebut jauh lebih menyenangkan dan tak terlupakan.

Untuk merealisasikan ke-30 hal tersebut aku punya waktu 3 tahun ke depan. Semoga semuanya bisa benar-benar terjadi. Amin.

Comments

  1. mantab deh... kapan no 11 terwujud... #ehh :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmmm.... kapan ya? kasih tau gak ya? hahaha...
      gak tau deh kapan. mudah2 sih jadi kenyataan suatu hari nanti. ngeliat banyak pasangan yg traveling bareng, kayanya seru hehe...

      Delete
  2. halo salam kenal mbak Asina..

    Saya Renly, saya sangat tertarik tentang tulisan mbak tentang Keliling Indonesia.

    Kebetulan saya sedang merencanakan untuk Keliling Indonesia tahun 2015, kemungkinan sendiri, karena susah untuk mencari partner. boleh kasih masukan kepada saya?

    terimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Renly,

      salam kenal juga...

      sy jg ngalami hal yg sama, susah banget cari teman jalan. makanya sy banyak ikut forum untuk nyari teman. waktu ke kalimantan, sy daftar ke samarinda backpackers, balikpapan travellers, banjarmasin backpacker. trus sy dapet tmn2 dr forum2 tersebut malah akhirnya dapet tumpangan nginep dan dibawa jalan2.

      terus lakukan riset dulu ama tempat yg akan dituju, lalu bikin itenari biar tau nanti mau ngapain aja di tempat tersebut. klo belum dapet teman, sekalian cari tempat penginapan.

      semakin lama di jalan, semua hal2 yg sy sebutin di atas gak akan penting lagi. setelah 3 bulan, sy tidak pernah lagi nyari2 teman jalan. sy jadi terbiasa untuk berkenalan dengan orang2 lokal, dapet teman jalan sesama pejalan, atau secara kebetulan ada grup yg tujuannya sama. ya begitulah, semakin lama nyari teman jalan gak begitu krusial lg, krn secara otomatis akan dapat tmn jalan.

      begitu juga dengan itenari. semakin lama itenari tidak begitu penting dan sama sekali tidak penting. mengikuti kemana arah angin lebih seru dan akan banyak hal2 menarik yg tidak disangka2 akan terjadi. tentunya ada yg baik dan ada yg buruk.

      begitu juga riset tempat dan penginapan. pergi saja ke suatu tempat tanpa tahu banyak ttg tempat tersebut. nanti kita bakalan dpt informasi kok dr pejalan lain atau warga lokal. sama halnya penginapan, cari aja penginapan klo udah sampe di tempat. atau bisa jadi kamu dapet tumpangan dari warga lokal atau teman sharing penginapan ama pejalan lainnya.

      kira2 begitulah yg bisa sy bagikan. dan sepertinya sy menulis terlalu panjang ya... hehe...

      jangan takut dan semoga jadi kenyataan ya... Amin.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

[Bahasa Italia] Apa Kabar?

[Bahasa Italia] Ucapan Salam

[Bahasa Italia] Kata Sifat