[Bali] Virgin Beach, a hidden beach in Bali

Virgin beach adalah salah satu pantai di pulau Bali. Hmmm, nama yang cukup asing di telinga. Pantai-pantai di Bali yang cukup terkenal adalah Kuta, Sanur, Jimbaran, Dreamland, dll. Tapi Virgin beach, ada dimana pantai ini?

Di Candidasa, pantai ini sebenarnya cukup terkenal. Pantai ini dikenal juga dengan nama White Sand beach, pantai Prasi, dan pantai Pasir Putih. Pantai ini berlokasi di desa Bugbug, kecamatan Prasi, kabupaten Karangasem, Bali Timur.

Dari semua pantai di daerah Prasi, hanya Virgin beach yang berpasir putih, sehingga diberi nama pantai Pasir Putih oleh warga lokal. Sedang nama Virgin beach, diberi nama oleh turis-turis luar negeri yang mana beberapa tahun yang lalu, pantai ini belum terjamah sama sekali alias masih virgin. Dan sampai sekarang nama Virgin beach masih tetap dipakai, walaupun pantai ini mulai diperkenalkan dengan nama White Sand beach.

Petunjuk jalan ke Virgin beach
Setelah sampai di jalan raya (aduh kakiku benar-benar sakit setelah jalan kaki cukup jauh sekitar 7 km), aku naik bemo. Sebelumnya aku sudah tanya kepada seorang tukang gorengan mengenai petunjuk ke pantai. Aku turun di Prasi tepatnya di perempatan Jalan Pasir Putih. Aku bayar ongkos bemo 3 ribu, kemudian aku jalan kaki mengikuti petunjuk jalan menuju pantai.

Dari jalan raya menuju pantai cukup jauh, bagi yang tidak suka trekking, ini merupakan sebuah pencobaan. Tidak ada pangkalan ojek.


Dan benar seperti yang dikatakan bli Nyoman, pasirnya putih (dan juga halus). Kebetulan aku datang saat lagi low season, jadi tidak banyak turis disana. Kuarahkan pandanganku ke kiri, turis-turis domestik berenang menikmati ombak sambil tertawa dan ada juga yang lagi snorkeling. Ketika kuarahkan pandanganku ke kanan, turis-turis luar negeri sedang berjemur.


Disana aku kenalan dengan bli Wayan dan dia mengajakku treking di batu karang. Sakit sih, tapi cukup menyenangkan bisa melihat keindahan yang tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata. Di ujung karang, kami ngobrol-ngobrol sambil menikmati selat Lombok dan gunung Rinjani di kejauhan. Oh ya, kami sempat melihat ada dua ekor lumba-lumba. Sebuah pemandangan yang luar biasa bagiku.


Wayan bercerita bahwa beberapa tahun yang lalu, pantai ini masih sepi dari pengunjung dan hanya ada satu warung. Tapi kemudian, pantai ini mulai sering dikunjungi turis, dan cafe-cafe pun bertambah. Dan ada kabar seorang pengusaha Korea ingin mengembangkan Virgin beach. Jika proyek tersebut jadi dibangun, maka Virgin beach pun akan semakin ramai.

Pantai di daerah Prasi kebanyakan berpasir hitam
Virgin beach satu-satunya pantai yang pasirnya putih
Virgin beach adalah salah satu rekomendasi tempat yang harus dikunjungi di Bali Timur. Di sekitar Virgin beach tidak ada penginapan. Kota yang paling dekat adalah Candidasa dan Amlapura. Di Amlapura ada beberapa tempat penginapan, tetapi tidak sebanyak di Candidasa.

Virgin beach merupakan tempat yang bagus bagi sunrise hunter untuk melihat matahari terbit yang muncul dari balik gunung Rinjani. Jika nanti Virgin beach makin ramai, sepertinya nama 'virgin' beach tidak cocok lagi digunakan ^_^.

[Ditulis April 2011]

Comments

  1. Woow pantai ini keren banget. Masih asli dan terlihat bersih. Nice post...

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

[Bahasa Italia] Apa Kabar?

[Bahasa Italia] Ucapan Salam

[Bahasa Italia] Kata Sifat