Weekend di Phuket (1)

Selama perjalanan menuju ke bandara Soekarno-Hatta terasa singkat, karena mba yang duduk di sebelahku orangnya suka cerita. Jadi di sepanjang perjalanan dia cerita ttg anaknya, dan pertanyaanku pun jadinya seputar anak-anaknya.

Sesampai di bandara Internasional Soekarno-Hatta, aku langsung menuju ke loket AirAsia. Sebenarnya sih ga lsg juga :D, karena ini kali pertama aku ke luar negeri, jadi ga terlalu tau juga. Di layar yang terpampang, aku liatin yang mana satu loket AirAsia menuju Phuket, akhirnya nemu juga, dan aku pun masuk dalam antrian. Setelah check-in, aku tanya kemana lagi (daripada sesat di jalan, mending nanya kan :-P ), dan aku pun dikasih tau ngurus fiskal dulu. Di loket fiskal, aku tunjukkin kartu NPWP (kartu NPWP sih udah ngurus dari tahun 2009, tapi pajaknya beneran dibayar ama perusahaan or ga, kagak tau juga).

Menuju ruang tunggu departure, ada pemeriksaan botol cairan >100ml ga bole masuk. Sempat shock dikit, sun-block yang aku bawa kayaknya ukurannya gede deh. Setelah dicek ternyata 100ml, pufff untung selamat, klo ga, sayang bgt gw udah beli mahal tapi ga bisa dibawa. Dan pada akhirnya, minuman yang aku bawa yg ga bisa masuk. Aku buang airnya, tempatnya sih kagak, enak aja, tupperwarenya aja belum lunas gw bayar ama teman kantor :D.

Awalnya kami mo nginap di Crown Hostel, entah gmn ceritanya kak Sansan malah udah pesan penginapan di Lamai Guesthouse, 400 Baht/malam. Klo aku sih yang penting ada tempat penginapan. Karna ini pertama kalinya ke Phuket, ga terlalu tau juga tempat-tempat penginapan disini. Tapi laen kali kesana, aku udah tau cari penginapan dimana aja, di sekitar jalan Rat U-thit, banyak bgt kok berjejer penginapan murah.

Dari bandara internasional Phuket, aku naik travel ke Patong, tiketnya 150 baht. Selama di perjalanan, perasaan engga kayak di luar negeri aja karna suasana daerahnya serasa kayak waktu aku ke Subang atau ke Danau Toba, pokoknya suasananya Indonesia banget deh, belum lagi di dalam bus hampir semuanya orang Indonesia, jadi kita sempat ngobrol2 (plus tukeran no HP) juga nanya mau kemana aja selama di Phuket. Kami saling berbagi informasi, aku kasih tau mereka tentang Phi Phi Islands ama James Bond Islands.

Sesampainya di penginapan, aku lsg temu kangen gitu ama kak Sansan karena udah setengah tahun lebih kami ga ketemu. Dia sih kerja di Aceh, aku di Jakarta. Tanpa istirahat kami langsung jalan ke Patong Town. Kami pengen naik tuk-tuk, angkutan umum disana. Lagi nunggu tuk-tuk, tiba-tiba ada seorang bule naik motor datang mendekat, kak Sansan langsung manyun: "Gini nih klo dekat amamu, langsung deh bule-bule pada datang." Loh itu kan bukan salahku, punya pesona untuk menarik para pria, hehe :D. Lagian bisa aja kan sebenarnya dia bukannya tertarik amaku, tapi ama kak Sansan, idih gimana sih kak Sansan nih, klo ada aja cowo yg mendekat biar itu bule, arab-arab gitu, atau dari segala jenis bangsa deh termasuk indonesia selalu merasa akulah yang menarik mereka mendekat (padahal kan belum tentu juga bo :-P ).

Tuk-tuk, transportasi umum di Phuket
Ada tuh tuk-tuk, yuk kita stop. Aku siap-siap aja mo nyetop pake 5 jari kayak nyetop taksi ataupun angkot klo di Jakarta. Eh, tuk-tuknya kagak berhenti. Uhh, disini bukan pake 5 jari kali ya. Ohhh, mungkin pake jempol. Lagi nunggu tuk-tuk berikutnya, aku ama kak Sansan becanda: "Mungkin harus pake paha kali ya. Kak siapin tuh paha biar tuk-tuknya mau berhenti."

Eisss, ada lagi tuh tuk-tuk mau lewat, harus siapin jempol nih. Gue udah siap-siap aja ama jempol gw, eh eh tuk-tuknya ga berhenti juga. Aarrgghh, gimana sih biar tuk-tuknya berhenti, apa memang harus pake paha gitu ~x( ???

Ada beberapa warga setempat yang ngeliat kami kebingungan, trus mereka datang. "Where u gonna go?" (sebenarnya ga ingat persis sih mereka bilang gitu or ga, tapi kira2 begitulah pertanyaan mereka.)
Kak Sansan: "Phuket Town."

Tadinya aku pikir aku ama kak Sansan mo ke pantainya, tapi klo emang mo ke Phuket Town juga gpp deh. Sekilas info, aku udah liat-liat peta Phuket, jadi udah punya sedikit gambaran daerah2 di Phuket. Trus mereka nyetop tuk-tuk, entah apa yang mereka omongin, trus sopirnya kasih peta ke kami. Dia entah ngomong apa, feeling aku sih artinya kayak gini: "Mau pergi kemana?"
Kak Sansan: "Phuket Town"
Trus sopirnya nunjuk di petanya posisi Phuket Town.
Serentak aku ama kak Sansan: "No no no." (Kompakan kami nunjuk peta yang ada tulisan Patongnya).
Trus entah ilham darimana, barengan kami lsg bilang: "Patong Town."
"Ooo", kata sopirnya, trus dia masuk ke kursi kebesarannya di depan.

Tak lupa kami ngucapin: "Kapunkaaaa..." ama warga tadi yang udah bantu kami. Fyi, ternyata warga lokal disana senang klo kita berusaha belajar bahasa lokal mereka. Ya paling engga, kami bisalah bilang makasih, kapunkaa....

Sunset di Patong Beach
Kami diantar ke Patong Beach. Loh kok disini, tapi ya udah lah gpp, yang penting kami udah di tempat wisatanya. Kami bayar 100 Baht, awalnya aku ama kak Sansan sempat mencak-mencak juga, kami rasa itu kemahalan karna info yang aku dapat naik tuk-tuk THB 20, malah kata kak Sansan THB 7 (jauh lebih murah lagi). Dan ternyata teman kami yang lain cerita klo mereka naik tuk-tuk 250 Baht. Haaa... apa karna muka kami rada-rada Thai gitu kale ya hehe, jadi dikasih THB 100.

Patong town
Kami jalani setiap jalan di daerah Patong, ga lupa kami nanya harga tiket one day tour ke Phi Phi Islands disetiap loket Travel & Tour yg kami lewati. Dan akhirnya dari sekian banyaknya tour, kami dapat yang paling murah yaitu 700 Baht. Kami belanja di Patong Paradise, dan kebetulan aku lupa bawa kaca mata itam, jadinya terpaksa deh beli dulu. Trus jalan-jalan di sepanjang Patong Beach.

shopping center in Patong
Ada beberapa warga lokal sana yg mengira kami orang Thai, mereka menawarkan pake bahasa Thai, karna kami ga ngerti, kami merasa bukan kami yang diajak ngobrol. Tapi ada juga yang karna dengar kami ga ngomong pake bahasa Thai dan kebetulan dia tau dikit bahasa Indonesia, dia coba berkomunikasi: "Halo, apa kabar?" Dan seperti biasa, aku yang selalu meladeni orang lain ngomong. Beberapa yang lain lsg nanya: "Where you from?", dan aku akan menjawabnya: "Indonesia."

Begitulah, ada seorang Nepal yang udah 5 thn di Thai, dia pengen cari istri orang Indonesia. Dia bilang orang Indonesia baik-baik, ga kayak cewe Phuket mau ama setiap laki-laki yang datang ke Phuket. Wekss, orang Indonesia banyak juga yang gitu dan orang Phuket juga pasti ada juga yang bukan seperti itu. Dia minta nomorku, aku bilang aja aku ga punya nomor HP. Aku minta no HP nya, ntar aku yang akan menghubungi dia. Dia langsung senang bgt dan sibuk cari pulpen dan kertas karna aku juga bilang aku ga punya pulpen ama kertas. Dia kasih no HP nya, dan dalam hati aku bilang 'gw ga bakal menghubungi orang ini.' Intinya sih, aku kurang tertarik ama pria ini karena dia terlalu suka ngomong. Aku orangnya suka ngomong, dia suka ngomong malah selalu berusaha mendominasi pembicaraan, trus kapan giliranku yang ngomong.

Kami jelajahi setiap sudut Patong, dan kami bukanlah robot, kami pun bisa merasa cape. Kami istirahat sebentar sambil menikmati rujak yang kami beli barusan. Kami selonjorin kaki kami ke arah jalan. Ada beberapa cowo mo lewat. Sebagai orang Indonesia yang punya sopan santun, ceile... (padahal semua suku bangsa juga punya sopan santun kaleee) kakinya kami mundurin dikit, trus tiba-tiba salah satu cowo itu iseng injek kakiku. Aku cuma ketawa aja, aku pikir itu hanyalah cara dia pengen berkomunikasi. Tapi kak Sansan udah manyun aja: "Tuh kan." Duh kak Sansan nih, tuh kan apanya, dia kan cuma mencoba beramah tamah aja.

Malam itu kami puas bgt jalan-jalan di Patong town sampe jam 10 malam, sampe kaki pegel bgt, hehe. Sampe di penginapan, sambil mengistirahatkan kaki yang udah dipake tanpa berperi-kekakian ini, aku idupin TV, alhasil tak satupun acaranya yg bisa kumengerti karna mereka ngomong pake bahasa Thai. Tapi gpplah daripada ga ada yg ditonton, loh #$%^&*@.

Mungkin saking capeknya, ga ada lagi yang kuingat selain tiba-tiba alarm bunyi.

- Asina Siagian

Comments

  1. hahagz lucu... kenapa ga diajak kenalan aja mbakkk yg ngasih nope td gkgkkg ;v

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

[Bahasa Italia] Apa Kabar?

[Bahasa Italia] Ucapan Salam

[Bahasa Italia] Kata Sifat